RPP NARRATIVE TEXT (SHORT STORY)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA Negeri 9 Yogyakarta
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : XI/ Ganjil
Materi Pokok : Narrative Text (Short Story)
Alokasi Waktu :
4 x pertemuan(4 x 45 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
No
|
Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan proaktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional.
|
KI-3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, dan
metakognitif, pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan
kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora.
|
KI-4
|
Menunjukan ketrampilan menalar, mengolah dan menyaji secara: efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam ranah kongkrit dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah serta mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.5 .Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk cerita pendek,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari teks naratif Menyusun teks naratif lisan dan tulis sederhana tentang sebuah cerita pendek
|
4.5
menangkap makna dengan kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita
pendek.
|
Menangkap makna makna dalam teks naratif lisan dan tulis sederhana.
Menceritakan kembali cerita pendek
yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui model
pembelajaran discovery berbasis kerja kelompok (Cooperative
Learning), peserta didik dapat berinteraksi dan bekerja sama dengan sesama peserta
didik dalam pembelajaran untuk menyusun short story. Dari metode kooperatif learning meliputi tiga aspek, yaitu hasil belajar,
penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial.
D.
Materi Pembelajaran
Materi pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI adalah narrative text (short story),
dengan subbab sebagai berikut:
- Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang
lain.
2.
Struktur Teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3. Unsur Kebahasaan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Collaborative Learning
3. Metode Pembelajaran : Diskusi, presentasi, penugasan.
F.
Media dan Alat
LCD, laptop, video, speaker
G.
Sumber
-
Buku bahasa dan
sastra inggris kurikulum 2013
-
Internet
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Langkah Pembelajaran
(Syntax)
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.)
Guru mempersiapkankelas untuk
menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengecek presensi
(kehadiran, agenda kegiatan, menyiapkan media dan alatsertabuku yang
diperlukan). (PPK Nasionalisme)
2.)
Peserta didik bersama guru mengawali
pembelajaran dengan berdoa. (PPK Religius)
3.)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
1.) Guru menjelaskan materi tentang teks naratif
berbentuk cerita pendek di layar LCD.
2.) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya.
3.) Guru meminta peserta didik untuk membaca dan memahami teks naratif yang diberikan oleh guru.
4.) Guru menjelaskan dan membantu peserta didik menemukan struktur umum.
5.) Guru menjelaskan dan membantu peserta didik menemukan gagasan utama.
6.) Guru memberikan latihan terkait cerita
pendek tersebut.
|
70’
|
Kegiatan
Penutup
|
1.) Guru menyimpulkan materi dan jalannya
diskusi.
2.)
Peserta didik bersama guru
menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
10’
|
2.
Pertemuan Kedua
Langkah Pembelajaran
(Syntax)
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.)
Guru mempersiapkan kelas dengan mengecek presensi
(kehadiran, agenda kegiatan, menyiapkan media dan alat serta buku yang
diperlukan).
2.)
Peserta didik bersama guru mengawali pembelajaran
dengan berdoa. (PPK religius)
3.)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
1.) Guru
menjelaskan kembali tentang teks naratif berbentuk cerita pendek .
2.) Guru
mempersilahkan peserta didik untuk bertanya.
3.) Guru
meminta peserta didik untuk membuat kelompok.
4.) Guru
memberikan tontonan terkait cerita pendek
5.) Guru memberi murid waktu 20 menit untuk
menulis kembali cerita tersebut berdasarkan pemikiran mereka untuk
mengembangkan cerita tersebut.
6.) Guru meminta murid untuk mengumpulkan tugas
yang telah diberikan.
7.) Guru menunjukkan nilai moral dari teks dan
membuat hubungan dengan kehidupan sehari-hari.
|
70’
|
Kegiatan Penutup
|
1.) Guru menyimpulkan materi dan jalannya
diskusi.
2.)
Peserta didik bersama guru
menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
10’
|
3.
Pertemuan Ketiga
Langkah Pembelajaran
(Syntax)
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.)
Guru mempersiapkankelasdengan
mengecek presensi (kehadiran, agenda kegiatan, menyiapkan media dan
alatsertabuku yang diperlukan).Peserta didik bersama guru mengawali
pembelajaran dengan berdoa. (PPK religius)
2.)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
1.)
Guru
menjelaskan kembali tentang materi teks naratif berbentuk cerita pendek.
2.)
Guru
memberikan kesempatan pada murid untuk bertanya.
3.)
Murid
dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi topik yang diberikan oleh
guru. (Kolaboratif)
4.)
Guru
meminta murid untuk mencari cerita pendek dan didiskusikan dengan
masing-masing kelompoknya.
5.) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
yang dipandu oleh guru.
|
70’
|
Kegiatan Penutup
|
1.) Guru menyimpulkan materi dan jalannya
diskusi.
2.)
Peserta didik bersama guru
menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
10’
|
4.
Pertemuan Keempat
Langkah Pembelajaran
(Syntax)
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1)
Guru mempersiapkankelasdengan
mengecek presensi (kehadiran, agenda kegiatan, menyiapkan media dan
alatsertabuku yang diperlukan).
2)
Peserta didik bersama guru mengawali
pembelajaran dengan berdoa. (PPK religius)
3)
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
10’
|
Kegiatan
Inti
|
1) Guru menyegarkan kembali ingatan peserta
didik tentang materi teks naratif.
2) Guru memberikan kesempatan murid untuk
bertanya.
3) Guru memberikan latihan listening terkait
cerita pendek.
4)
Guru
dan murid membahas listening yang telah dikerjakan.
|
70’
|
Kegiatan Penutup
|
1.) Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.
2.)
Peserta didik bersama guru
menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
10’
|
I.
Penilaian
Rancangan Penilaian
No.
|
Nama peserta
didik
|
Aspek penilaian
|
Nilai = jumlah score X 10
|
|||
Idea/ content
|
Schematic
structure &
|
linguistic
features
|
Punctuation and Grammar
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
Kriteria penilaian:
1 = kurang
bagus 1.5
=
cukup 2
= bagus 2.5
= sangat bagus
Nilai =
jumlah score X 10
Criteria
ANALYTIC SCALE
FOR RATING COMPOSITION TASK
|
Excelent to
very good
20-18
|
Very good
to good
17-15
|
Good to fair
14-12
|
Acceptable
11-6
|
Not acceptable
5-1
|
Organization
Introduction,
Body and Conclusion
|
Fully
developed ideas;
Conclusion
logical and complete
|
Some
ideas aren't fully developed;
Sequence
is logical
|
problems
with the order of of ideas in body,
problems
of organization interfere
|
severe
problems with ordering of ideas, inadequate effort at organization
|
organization
can not be outlined by reader
|
Content
|
the
ideas are thoroughly developed
|
Essay
addresses the topic but misses some points; ideas could be more fully
developed
|
Development
of ideas not complete; paragraphs aren't divided exactly right
|
Ideas
incomplete; hurridly written;
|
Completely
inadequate essay
|
Grammar
|
Correct
use of English grammar; no fragments or run-on sentences
|
Some
grammar problems don't influence communication;
no
fragments or run-on sentences
|
Grammar
problems are apparent and have a negative effect on communication;
fragments
or run-on sentences present
|
Numerous
serious grammar problems; difficult to read senetences
|
Severe
grammar problems; reader can't understand what the writer was trying to say;
unintelligible sentence structure
|
Punctuation,
spelling and mechanics
|
Correct
use of English writing conventions; left and right margins, all needed
capitals; paragraphs indented; punctuation and spelling very neat
|
Some
problems with writing conventions or punctuation; occasional spelling errors;
left margin correct; paper is neat and legible
|
Uses
general writing conventions but has errors; spelling problems distract
reader; punctuation errors interfere
with ideas
|
Parts
of paper not legible; errors in sentence punctuation
|
Complete
disregard for English writing conventions; paper illegible; obvious capitals
missing, no margins, severe spelling problems
|
Vocabulary
|
Variety
of vocabulary usage; register good
|
Good
vacabulary, not wordy; register OK
|
Some
vocabulary missused; Poor expression of ideas;
|
Severe
problems in vocabulary
|
Inappropriate
use of vocabulary
|
GROUP :
Assessment
Rubric
|
Score
|
Pronounciation
|
|
Intonation
|
|
Grammar
|
|
Content
|
|
Average
|
|
Yogyakarta, 10 september 2018
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pesertadidik Praktikan PPL
NIP. 19771106
200604 1012 NIM: 20180002098
Mengetahui,
Drs.
Jumadi, M.Si
NIP.
196409271987031014
Komentar
Posting Komentar